Rahasia Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Buah Hati



Mengecilkan perut setelah melahirkan sudah menjadi keharusan seorang ibu untuk kembali langsing.

Memang, perut bisa mengecil dengan sendiri dalam waktu tertentu umumnya enam sampai sepuluh minggu.

Namun bagi anda wanita yang ingin perut kembali kecil seperti semula dalam waktu cepat, ada cara alami dan tradisional yang bisa dicoba.

Mungkin ibu terkejut melihat kondisi perut masih seperti hamil meskipun sudah melahirkan buah hati.

Perubahan hormon pada tubuh menyebabkan perut sulit mengecil dan dibutuhkan waktu sampai sepuluh minggu agar kondisi kembali normal.

Apa Penyebab Perut Tidak Mengecil Setelah Ibu Melahirkan?
Kondisi perut gendut sehabis melahirkan merupakan hal yang normal.

Anda tentu masih ingat, selama 9 bulan perut mengalami renggang untuk menampung bayi anda. Dan untuk mengembalikan ukuran perut ke kondisi semula tentu saja membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Belum lagi perubahan hormon saat anda melahirkan, ini juga menyebabkan rahim tidak mengecil secara cepat.

Lamanya waktu perut mengecil ditentukan oleh beberapa faktor seperti :
  • Kenaikan berat badan saat hamil
  • Rajin tidak nya anda berolahraga semasa hamil
  • Apakah anda memberikan ASI secara langsung?
  • Sudah berapa kali anda melahirkan?

Wanita yang berat badannya naik 14 kg dan rajin melakukan olahraga selama kehamilan, menyusui, dan baru pertama kali melahirkan membutuhkan waktu tidak lama untuk mengecilkan perut.

Bagi anda wanita yang tidak menyusui, perhatikan asupan makanan dan kurangi kalori agar penurunan berat badan lebih cepat.


Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan?

  1. Olahraga ringan seperti jalan kaki akan sangat membantu proses melangsingkan tubuh. Anda bisa melakukan jalan kaki di halaman rumah secara teratur pagi dan sore hari. Tidak perlu aktivitas berat seperti berlari, lompat tali atau bermain hula hop.
  2. Perbanyak minum air putih bisa menjadi solusi sehat berikutnya. Seperti anda ketahui, delapan gelas merupakan jumlah minimal air putih yang harus diminum setiap hari. Selain menyehatkan, air putih juga terbukti ampuh melangsingkan tubuh secara alami.
  3. Lihat disini : Manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh

  4. Menyusui buah hati adalah cara cepat untuk membakar kalori perut sehingga berat badan dapat menurun. Wanita menyusui memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengecilkan perut dalam waktu singkat karena memicu kontraksi.
  5. Pola hidup sehat dengan memilih makanan rendah lemak dan rendah kalori harus anda jalankan. Pengawasan menu makanan dari orang lain atau pasangan anda akan membantu menjaga pola hidup sehat.
  6. Untuk ibu yang sudah melahirkan lebih dari satu kali, akan muncul tambahan kulit dan jaringan lunak pada dinding perut. Ini merupakan salah satu faktor alami yang membuat perut wanita lebih buncit dari sebelum melahirkan. Konsultasi pada dokter kandungan jika diperlukan.

Melahirkan seorang anak merupakan anugerah yang harus ibu syukuri. Mengecilkan perut setelah melahirkan bisa anda lakukan dengan cara cepat atau membiarkan hingga perut langsing dengan sendiri.

Sebagai admin dan salah satu penulis aktif, Ahlun Naja mengambil referesnsi dari sumber yang kompeten dalam bidangnya seperti buku-buku tentang kesehatan tradisional. Selengkapnya...

Disqus Comments