Cara Membuat Telur Asin Dengan Bahan Sederhana



Membuat telur asin dengan cara sederhana namun memiliki rasa masir yang tidak kalah enak dari produk rumahan khas daerah Brebes.

Proses pembuatan tidak perlu dibakar atau dipanggang, cukup didiamkan selama 1 minggu atau disesuaikan dengan rasa asin yang anda inginkan.

Selain bahan - bahan yang dibutuhkan mudah didapat, harganya juga murah meriah.

Cara untuk membuat telur asin untuk dikonsumsi sendiri ternyata mudah, murah dan sederhana.

Bahan – bahan yang diperlukan juga mudah diperoleh tidak harus menggunakan telor bebek, anda bisa memakai telur ayam atau puyuh yang ukurannya lebih kecil.

Selain untuk disantap bersama keluarga, bisnis telur asin juga cukup menjanjikan. Karena memang rasanya enak serta mengandung banyak gizi yang berguna bagi tubuh serta perkembangan otak anak.

Anda bisa mencoba menjual telur rasa asin buatan sendiri dengan harga mulai dari Rp. 1.500 sampai Rp. 2.500 per butir.

Beberapa daerah di indonesia yang memiliki telor asin dengan cita rasa khas adalah Brebes, Sidoarjo, dan Lombok.

Meskipun langkah pembuatannya sederhana, telur asin yang akan anda buat tidak kalah masir dari telor khas daerah yang sudah terkenal.

Inilah Langkah-langkah Membuat Telur asin

Bahan - bahan :
  • 15 butir telur mentah
  • 2 kg bubukan batu bata merah
  • 2 kg garam dapur halus
  • Air bersih secukupnya

Cara pembuatannya :
  1. Campurkan bubukan batu bata merah dengan garam dapur, tambahkan sedikit air hingga adonan berbentuk pasta.
  2. Cuci telur sampai bersih dan jangan sampai ada kotoran yang menempel. Kotoran yang tertinggal pada telur dapat menyebabkan telur asin cepat busuk.
  3. Setelah benar-benar bersih, telur diolesi adonan pasta yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Kemudian telur ditata di dalam periuk atau wadah lainnya dengan rapi. Sisa pasta adonan dioleskan di atas tatanan telur.
  5. Tutup periuk atau wadah tersebut dan simpan di tempat yang sejuk dan rata selama 1 minggu. Jika anda menginginkan rasa telur asin yang lebih masir, simpan telur selama 12 hari atau 2 minggu.
  6. Setelah 1 minggu telur dapat di ambil kemudian dicuci dengan air bersih.
  7. Rebus atau kukus telur asin dengan api sedang selama kurang lebih 1 ½ jam.
  8. Selamat menikmati.

Cara membuat telur agar rasanya asin dengan bahan–bahan sederhana selain mudah dilakukan juga tidak membutuhkan biaya produksi besar. Anda tidak harus memakai telur bebek sebagai bahan utama, telur ayam dan burung puyuh juga bisa menjadi alternatif. Selain rasanya yang enak dan khas, kandungan gizi di dalam satu butir telur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Sebagai admin dan salah satu penulis aktif, Ahlun Naja mengambil referesnsi dari sumber yang kompeten dalam bidangnya seperti buku-buku tentang kesehatan tradisional. Selengkapnya...

Disqus Comments