Bagaimana Cara Meningkatkan Percaya Diri Dalam Sekejap?



Rasa percaya diri merupakan suatu masalah umum yang dialami oleh setiap orang.

Saya, anda dan siapa pun di dunia ini pasti pernah mengalami kurang percaya diri pada suatu moment.

Bisa saat berkenalan dengan seseorang, interview kerja atau sekedar berbicara di depan orang lain.

Tips untuk meningkatkan percaya diri dengan cepat harus dimulai dengan membuang pikiran negatif dari dalam otak anda.

Anda sudah memulai suatu kemajuan dalam menumbuhkan rasa percaya diri dengan membuang semua pikiran-pikiran negatif yang tidak beralasan.

Memang, semuanya butuh proses dan waktu. Namun ada moment dimana anda harus mendapatkan motivasi agar kepercayaan diri meningkat disaat itu juga, berikut tips selengkapnya.


Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Secara Cepat

  1. Tersenyumlah
  2. Saat merasa minder atau kurang percaya diri, keluarkan senyum manis anda!

    Anda tidak hanya bisa tersenyum saat merasa bahagia namun juga bisa membuat perasaan lebih nyaman dengan tersenyum.

    Menarik sudut bibir ke arah samping tentu bukan hal yang susah dilakukan apalagi senyuman menandakan jika anda sedang berpikir positif.

  3. Lakukan kontak mata
  4. Setelah tersenyum pada lawan bicara, tatap mata orang tersebut dan rasa percaya diri anda akan meningkat dalam sekejap.

    Jangan melihat ke arah sepatu atau bagian tubuh lainnya, ini akan memberikan kesan anda tidak memiliki rasa percaya diri pada lawan bicara. Kontak mata bukan berarti melotot, lakukan pandangan mata yang normal dan wajar.

  5. Bekerja sama dengan hati kecil
  6. Katakan pada hati kecil bahwa anda bisa, anda mampu dan akan melakukan yang terbaik agar rasa percaya diri meningkat. Hilangkan perkataan negatif seperti saya tidak siap, saya jelek, saya gemuk dan lain-lain.
  7. Jangan membandingkan diri
  8. Satu faktor yang menyebabkan krisis percaya diri adalah membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

    Anda merasa lebih jelek, lebih gemuk atau lebih rendah dari orang lain. Hilangkan pikiran tersebut karena anda mempunyai standar dan kemampuan tersendiri.

  9. Perhatikan penampilan
  10. Mempersiapkan penampilan sebaik mungkin sebelum bertemu orang lain adalah cara meningkatkan rasa percaya diri yang harus dilakukan. Jika memiliki 1 menit, manfaatkan untuk merapikan rambut, memperbaiki make up atau sekedar mencuci muka.
  11. Jangan lupa berdoa
  12. Meminta bantuan pada tuhan agar diberi ketenangan hati dan pikiran bisa dilakukan dalam hati. Anda juga dapat melakukan meditasi singkat untuk menghilangkan rasa grogi atau minder.
  13. Berbicara perlahan
  14. Sebuah tips mudah untuk menjadi lebih percaya diri adalah berbicara secara perlahan.

    Berbicara perlahan memberi kesempatan untuk berpikir tentang apa yang akan anda katakan selanjutnya. Jeda di akhir kalimat akan membantu lawan bicara memahami apa yang anda katakan.



Bonus tips paling ampuh agar lebih percaya diri

Satu cara paling ampuh untuk meningkatkan percaya diri adalah memahami bahwa situasi tersebut tidak dapat dihindari.

Artinya harus anda lakukan saat itu juga. Meskipun terdapat unsur 'pemaksaan' pada diri sendiri namun, cara ini terbukti ampuh bagi saya dalam meningkatkan rasa percaya diri dalam sekejap.

Sebagai admin dan salah satu penulis aktif, Ahlun Naja mengambil referesnsi dari sumber yang kompeten dalam bidangnya seperti buku-buku tentang kesehatan tradisional. Selengkapnya...

Disqus Comments