Apa Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan Tubuh Anda?



Manfaat wortel bagi kesehatan ternyata sangat banyak.

Sayur berwarna orange ini tidak hanya berkhasiat bila dibuat jus wortel, anda bisa membuat berbagai ramuan obat tradisional untuk mengobati rabun senja, menurunkan demam anak sampai menghilangkan nyeri haid.

Manfaat jus wortel untuk kesehatan mata memang lebih banyak dikenal selama ini namun, masih banyak khasiat vitamin dan kandungan sayuran berwarna merah muda ini.

Tidak hanya berguna untuk kesehatan mata, manfaat jus wortel mentah bisa memberikan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Banyak juga obat tradisional dibuat dari khasiat wortel karena harganya murah dan sayuran ini juga mudah ditemukan.

Tips memilih wertel yang banyak mengandung vitamin adalah pilih wortel dengan warna oranye tua.

Semakin tuan warnanya maka makin tinggi kadar vitamin dan beta-karoten di dalamnya.

Apa Saja Kandungan Gizi Dan Vitamin Dalam Jus Wortel?
Bagian tanaman ini paling banyak kandungan vitamin dan gizi pada umbinya yang berwarna merah muda serta memiliki ciri-ciri bentuk runcing memanjang.

  • Kandungan vitamin : vitamin A, B, C, D, E, dan vitamin K
  • Nilai gizi : gula, karotin, pektin, aspargin, serat, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, sodium, asam amino, minyak esensial serta beta-karoten.

Manfaat jus wortel mentah yang terbuat dari umbinya inilah yang banyak dicari orang. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, khasiat wortel sangat berguna untuk memberikan asupan vitamin dan gizi untuk kebutuhan tubuh.


Manfaat Jus Wortel Yang Berguna Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Kandungan vitamin A tinggi serta zat beta-karoten dalam wortel berkhasiat untuk membuat mata tetap sehat dan tajam dalam melihat. Manfaat minum jus wortel secara teratur adalah memberikan asupan beta-karoten agar tubuh dapat membentuk vitamin A sesuai kebutuhan.
  3. Mencegah penyakit kanker
  4. Menurut penelitian oleh National Cancer Institute, kandungan tinggi beta karoten memiliki sifat antioksidan dapat melawan sel-sel kanker sehingga mencegah pembentukan penyakit kanker. Selain itu, manfaat jus wortel mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.
  5. Mencegah rabun senja
  6. Buta ayam atau rabun senja disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Manfaat wortel mentah untuk menjaga asupan karoten paling berguna dalam pencegahan Avitaminosis A sehingga terhindar dari rabun senja.
  7. Menurunkan kolesterol darah
  8. Di dalam wortel terkandung pectin dimana manfaatnya untuk menurunkan kolesterol darah. Jus wortel mengandung serat tinggi sehingga berkhasiat untuk mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit.
  9. Menghilangkan racun dalam tubuh
  10. Manfaat jus wortel mentah yang mengandung banyak kalium dapat membantu menetralkan asam dalam darah serta memaksimalkan fungsi hati dalam menghilangkan racun berbahaya.

Meminum jus wortel secara berlebih sebaiknya dihindari karena bisa menimbulkan warna kekuningan pada kulit tubuh. Minum secukupnya saja agar manfaat jus wortel dapat diserap secara maksimal.


Manfaat Wortel Sebagai Obat Tradisional Berbagai Penyakit

  1. Meningkatkan kesuburan suami istri
  2. Bagi anda pasangan yang sudah menikah namun belum dikaruniai seorang anak, khasiat wortel dipercaya mampu meningkatkan kesuburan wanita serta memperbaiki kualitas sperma pria. Buatlah jus campuran satu buah apel, tiga ons wortel mentah dan setengah kilogram taoge kemudian diminum secara teratur setiap pagi dan sore hari.
  3. Mengobati demam pada anak
  4. Untuk menurunkan demam anak, sediakan wortel 200 gram kemudian cuci sampai bersih lalu haluskan dengan diparut. Peras sampai keluar sarinya lalu direbus dan minumkan pada anak.
  5. Menghilangkan nyeri haid
  6. Bagi anda perempuan yang sedang haid, sediakan 250 gram wortel kemudian potong kecil-kecil. Haluskan dengan blender ditambah sedikit air matang. Minum ramuan wortel ini 2 kali sehari untuk mengatasi nyeri haid.
  7. Mengobati cacingan
  8. Untuk mengobati cacingan secara tradisional, keringkan 5 wortel lalu tumbuk sampai menjadi bubuk. Seduh bubuk wortel tersebut dengan air hangat secukupnya. Minum 2 kali sehari secara teratur.
  9. Menyembuhkan luka bakar
  10. Cukup tumbuk wortel sampai halus kemudian oleskan pada bagian luka bakar. Anda juga bisa menggunakan manfaat kulit pisang sebagai obat luka bakar ringan.

Manfaat jus wortel yang paling utama adalah memberikan asupan vitamin A untuk tubuh sehingga kesehatan mata dapat terjaga. Selain itu manfaat wortel bisa digunakan sebagai obat tradisional macam-macam penyakit.

Sebagai admin dan salah satu penulis aktif, Ahlun Naja mengambil referesnsi dari sumber yang kompeten dalam bidangnya seperti buku-buku tentang kesehatan tradisional. Selengkapnya...

Disqus Comments