Bagaimana Cara Cuci Tangan 7 Langkah Pakai Sabun Yang Benar?



Cuci tangan 7 langkah merupakan cara membersihkan bagian tubuh ini sesuai prosedur yang benar untuk membunuh kuman penyebab penyakit.

Dengan membersihkan tangan menggunakan sabun baik sebelum makan atau pun sebelum memulai pekerjaan, akan menjaga kesehatan tubuh anda dan mencegah penyebaran penyakit melalui kuman tak terlihat yang menempel.

Bagaimana langkah-langkah yang benar?

Pengertian cuci tangan 7 langkah adalah tata cara lengkap mencuci membersihkan jari – jari, telapak serta punggung tangan dari semua kotoran, kuman serta bakteri jahat penyebab penyakit memakai sabun serta air mengalir.

Tahukah anda?

Tanggal 15 oktober adalah hari cuci tangan sedunia pakai sabun yang dicanangkan oleh PBB sebagai salah satu cara menurunkan angka kematian balita serta mencegah penyebaran penyakit.

Manfaat mencuci tangan dengan teknik benar yaitu membersihkan serta membunuh kuman yang menempel secara cepat dan efektif karena semua bagian akan dicuci menggunakan sabun.


7 Langkah Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Secara Baik dan Benar

  1. Basahi kedua telapak setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap lalu gosok kedua telapak secara lembut.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian, jangan terburu-buru.
  3. Jangan lupa jari-jari anda, gosok sela-sela jari hingga bersih.
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya.
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
  7. Bersihkan kedua pergelangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.

Penggunaan sabun khusus cuci tangan baik berbentuk batang maupun cair sangat disarankan untuk menghilangkan kuman maupun bakteri secara maksimal.

7 langkah mencuci tangan di atas umumnya membutuhkan waktu 15 – 20 menit. Pentingnya membersihkan bagian tubuh ini secara baik dan benar memakai sabun adalah agar kebersihan terjaga secara keseluruhan serta mencegah kuman bakteri berpindah dari telapak tangan ke dalam tubuh anda.

Sebagai admin dan salah satu penulis aktif, Ahlun Naja mengambil referesnsi dari sumber yang kompeten dalam bidangnya seperti buku-buku tentang kesehatan tradisional. Selengkapnya...

Disqus Comments