Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat?



Beberapa bahan alami yang anda di sekitar kita mempunyai manfaat khusus untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Meskipun saat ini banyak produk perawatan wajah yang menjanjikan hasil instant, anda harus pandai memilih produk yang aman untuk digunakan.

Atau, memanfaatkan khasiat alam yang sudah terbukti ampuh serta tanpa menimbulkan efek samping.

Jangan sampai salah memilih merk karena kesehatan kulit wajah menjadi taruhannya. Tentu anda tidak mau mengalami masalah kecantikan di kemudian hari.

Alih-alih mempunyai wajah bersih malah semakin parah dan tidak bisa diobati.

Apa Sih Penyebab Munculnya Jerawat di Muka?
Jerawat merupakan masalah kulit yang menjengkelkan.

Meskipun biangnya sudah hilang, noda hitam yang timbul sesudahnya seringkali mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Untuk itulah, bekas-bekas jerawat pada wajah harus dihilangkan secepat mungkin.

Ada banyak faktor yang menyebabkan wajah berjerawat diantaranya kebiasaan kecil seperti sering meraba-raba muka, menempelnya kotoran di permukaan kulit sampai masalah hormon tidak stabil akibat menstruasi.

Fase menstruasi memang tidak bisa dihindarkan karena sudah menjadi kodrat seorang wanita namun anda harus menghindari kebiasaan-kebiasaan kecil yang tanpa disadari berpotensi mengakibatkan munculnya jerawat.


3 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Berikut ini ada tiga bahan alami untuk membuat masker wajah yang berguna sebagai ramuan tradisional penghilang flek hitam bekas jerawat.

Anda bisa memilih salah satu metode, sesuaikan dengan bahan yang mudah ditemukan di sekitar anda.

Masker Buah Tomat

Dengan kandungan vitamin A serta kolagen yang berlimpah, tomat berguna dalam proses pembentukan sel kulit baru sehingga noda bekas jerawat akan menghilang secara alami.


  • Bersihkan tomat dengan air dingin
  • Iris tipis-tipis
  • Tempelkan pada bagian muka yang terdapat noda bekas jerawat
  • Tunggu 30 menit sampai 1 jam, kemudian bilas dengan air dingin

Lakukan cara ini dengan rutin minimal 1 hari sekali jika anda menginginkan hasil cepat. Jangan lupa membersihkan wajah anda sebelum menempelkan irisan tomat dan pilih buah tomat yang segar / tidak lembek.

Masker Buah Pepaya

Kandungan enzim papain dalam pepaya sudah banyak digunakan oleh produk kecantikan ternama. Fungsi zat papain adalah mengurangi peradangan kulit akibat jerawat sehingga mempercepat proses penyembuahan dan pembentukan sel kulit baru.


  • Kupas dan bersihkan buah pepaya
  • Potong kecil-kecil dan haluskan dengan blender
  • Tempelkan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 20 – 30 menit, kemudian bersihkan dengan air bersih

Masker Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki khasiat berlimpah untuk kecantikan wajah dan ampuh membuat bibir menjadi merah, salah satunya adalah memudarkan noda hitam bekas jerawat dengan cepat. Dengan masker ini, flek hitam akan tersamarkan secara alami dan kerusakan kulit akan berkurang berkat kandungan vitamin yang berlimpah.


  • Siapkan madu dalam sendok makan
  • Panaskan sampai mencair kemudian tunggu sampai tidak terlalu panas saat disentuh
  • Oleskan pada daerah kulit yang pernah berjerawat

Cara alami menghilangkan noda hitam bekas jerawat terbukti tidak kalah dengan produk kecantikan modern. Selain itu, perawatan menggunakan buah-buahan serta madu dapat menyehatkan kulit, sehingga wajah lebih bersih, cerah merona.

Sebagai admin dan salah satu penulis aktif, Ahlun Naja mengambil referesnsi dari sumber yang kompeten dalam bidangnya seperti buku-buku tentang kesehatan tradisional. Selengkapnya...

Disqus Comments