Memilih Buah Mangga Segar? Ini Dia Tipsnya



Memilih buah mangga yang masih segar tidak terlalu sulit, Anda harus mencermati ciri-ciri buah dengan rasa manis ini.

Buah mangga segar dapat dimakan langsung jika sudah matang, maupun dijadikan resep makanan lain seperti salad buah.

Cara memilih buah mangga yang bagus berikut ini berlaku untuk mangga yang anda tanam sendiri maupun mangga yang dibeli di pasar buah.

KULIT BUAH
Mangga segar memiliki kulit buah yang berwarna hijau terang dan merata. Warna kuning disekitar tangkai menandakan mangga tersebut sudah tua dan dapat dikonsumsi.

Jika tangkai buah mangga tercium aroma harum, mangga tersebut sudah benar-benar matang.

DAGING BUAH
Mangga yang berkualitas bagus jika dikupas maka dagingnya berwarna kuning/orange. Sedangkan warna ujungnya lebih tua. Teksturnya akan terasa lembut jika mangga tersebut matang di pohon secara alami.

Jika anda mendapati mangga yang lembek saat dipegang, sebaiknya pilih yang lain. Karena mangga tersebut sudah tidak segar lagi.

Anda juga bisa menyimpan mangga di lemari es untuk menjaga buah mangga tidak cepat busuk. Dengan jenis yang beragam, buah mangga berasal dari berbagai daerah dan bisa saja mangga yang anda beli dipetik saat masih muda.

Sebaiknya hindari mangga dengan warna buah yang layu, kusam dan perhatikan lagi tips memilih buah mangga segar di atas.

Sebagai admin dan salah satu penulis aktif, Ahlun Naja mengambil referesnsi dari sumber yang kompeten dalam bidangnya seperti buku-buku tentang kesehatan tradisional. Selengkapnya...

Disqus Comments