Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Kesehatan Tubuh Anda



Mandi air dingin sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang indonesia setiap pagi hari.

Namun, masih banyak orang yang enggan mandi menggunakan air dingin dengan berbagai alasan.

Mengetahui manfaat kesehatan yang didapat dari madi air dingin baik pagi, siang maupun sore hari mungkin dapat menghilangkan penyakit malas yang anda derita.

Mandi dengan air dingin terbukti dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah cedera otot setelah olahraga serta mengatur kadar asam urat sehingga tubuh lebih sehat.


Apa Saja Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Kesehatan?

  1. Meningkatkan kesuburan pria
  2. Mungkin masih sedikit orang yang tahu fakta mandi air dingin dapat meningkatkan kesuburan pria. Selain itu, mandi air panas tidak baik untuk testis, karena berpotensi menurunkan jumlah sperma. Jika anda ingin memiliki seorang anak, saatnya untuk mandi di air dingin.

  3. Meningkatkan sirkulasi darah
  4. Saat air dingin mengenai permukaan kulit, pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengkerut. Hal ini akan mengurangi sirkulasi darah, dan pada saat yang sama mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan dan menargetkan jaringan. Manfaatnya aliran darah menjadi lebih kuat dalam menghilangkan racun.

  5. Membangun kekebalan tubuh
  6. Anda ingin meningkatkan sel darah putih? Biasakan mandi dengan air dingin, karena akan meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya meningkatkan panas tubuh dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih.

  7. Meningkatkan metabolisme
  8. Ketika seseorang merasa kedinginan, biasanya akan mengenakan baju tebal untuk menghangatkan tubuh. Begitu juga saat tubuh disiram air dingin, secara otomatis tubuh akan menghasilkan panas, yang membuat metabolisme meningkat cepat. Saat itulah karbohidrat dan lemak dibakar untuk menambah merasa hangat.

  9. Mencegah cedera otot
  10. Setelah anda melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan butuh waktu untuk membuat otot-otot menjadi rileks kembali. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot akan membesar dan mengerut. Oleh karena itu, untuk mencegah serat otot pecah karena aktivitas fisik yang berlebihan, utamakan mandi dengan air dingin.

  11. Mengatasi Susah tidur
  12. Air dingin dapat memperdalam pernapasan dan membantu melawan kelelahan. Bahkan jika anda mengalami masalah tidur, mandi air dingin dipercaya bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

  13. Manfaat tambahan
  14. Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otonomik.


Kebanyakan orang umumnya lebih memilih untuk mandi dengan air hangat saat pagi atau sore hari. Padahal, manfaat mandi air dingin lebih banyak dan sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda.

Sebagai admin dan salah satu penulis aktif, Ahlun Naja mengambil referesnsi dari sumber yang kompeten dalam bidangnya seperti buku-buku tentang kesehatan tradisional. Selengkapnya...

Disqus Comments